A. VISI SEKOLAH
Visi sekolah merupakan impian ideal sebuah sekolah yang akan dicapai dalam suatu kurun waktu tertentu. Rumusan visi sekolah harus bersifat visioner dengan mempertimbangkan regulasi lokal dan nasional serta perkembangan zaman baik secara global, regional maupun lokal.
Pengembangan karakter bangsa melalui pendidikan karakter yang mencakup aspek religius, nasionalisme, gotong-royong, mandiri dan integritas menjadi satu poin penting dalam rumusan visi. Selain pendidikan karakter, ranah keilmuan juga merupakan salah satu aspek dalam pendidikan. Menjadi insan berilmu adalah hak semua orang terlepas dari seberapapun tingkat kecerdasan yang dimilikinya. Menjadi kaum literat dengan budaya literasinya merupakan pilar penting untuk menjadikan seseorang menjadi berilmu. Dalam terminologi berilmu terkandung makna adanya upaya yang disengaja untuk meraih ilmu-ilmu itu.
Perkembangan zaman terkait dengan teknologi dan isu-isu global lainnya juga menjadi unsur penting yang tidak boleh diabaikan oleh sekolah. Hal ini mengingat peran sekolah sebagai pencetak lulusan yang siap terjun di masyarakat. Dengan peran tersebut sekolah seharusnya mampu memproyeksikan lulusannya sehingga update sesuai zamannya dengan kecakapan dan peradaban yang melekat pada dirinya.
Berdasarkan penjelasan tersebut, visi SMP Negeri 2 Ngemplak dirumuskan sebagai berikut:
“BERKARAKTER, BERPRESTASI, TERAMPIL, BERBUDAYA, PEDULI LINGKUNGAN DAN TERCIPTANYA PROFIL PELAJAR PANCASILA”
Indikator Visi Sekolah:
- berkembangnya akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari sebagai cerminan dari ajaran agama (memiliki sifat sabar, pemaaf, tidak mementingkan diri sendiri, saling menghormati, dan bertanggung jawab)
- memiliki budaya disiplin, bekerja dan belajar
- berkembangnya budaya tertib dalam menjalankan peraturan sekolah
- memiliki nilai yang baik dalam ujian
- tersalurkannya semua lulusan untuk melanjutkan studi
- terwujudnya perolehan kejuaraan di tingkat kabupaten dalam berbagai lomba seni dan olahraga
- memiliki keterampilan kecakapan hidup (life skill )
- memiliki kepedulian pada pelestarian budaya lokal
- memiliki kepedulian untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, aman, indah, hijau dan asri sebagai pencerminan budaya sekolah peduli lingkungan
- terwujudnya sekolah ramah anak, aman, nyaman bagi seluruh warga s
- terwujudnya karakter Profil Pelajar Pancasila
B. MISI SEKOLAH
Misi SMP Negeri 2 Ngemplak adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan Pendidikan agama dan budi pekerti yang membentuk peserta didik beriman, bertakwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.
- Mewujudkan program pembiasaan tertib, disiplin dan 5S.
- Menumbuhkembangkan karakter disiplin dan tertib melalui kegiatan pembiasaan.
- Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan kompetitif sesuai dengan potensi yang dimiliki serta menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
- Mewujudkan suasana pembelajaran yang kontekstual, dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai sumber dan penilaian berbasis HOTS
- Meningkatkan kinerja dan profesionalisme bagi pendidik dan tenaga kependidikan
- Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
- Menumbuhkan semangat apresiasi seni, olahraga dan iptek pada seluruh warga sekolah
- Menumbuhkembangkan budaya Literasi dan Numerasi pada warga sekolah
- Menumbuhkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan budaya Adiluhung Yogyakarta
- Menyelenggarakan pembelajaran berwawasan keterampilan, dan wirausaha berbasis mata pelajaran
- Mewujudkan kegiatan dan bimbingan bersih lingkungan untuk meningkatkan kualitas lingkungan asri
- Menumbuhkembangkan sikap sadar lingkungan (Darling) dalam pembelajaran yang berkelanjutan.
- Mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan menata sarana dan prasarana sekolah.
- Mewujudkan sekolah bebas dari bullying dan kekerasan
- Mempertahankan prestasi sekolah Adiwiyata
- Mempertahankan prestasi Sekolah Siaga Kependudukan
- Mewujudkan karakter Profil Pelajar Pancasila
C. TUJUAN SEKOLAH
Tujuan SMP Negeri 2 Ngemplak adalah sebagai berikut:
- Terwujudnya kegiatan keimanan dan ketaqwaan sehingga tercipta budaya religius.
- Terwujudnya sikap toleran antar pemeluk agama yang berbeda sehingga tercipta keharmonisan antar pemeluk agama.
- Terwujudnya lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik serta berkarakter Pancasila.
- Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan komunitas belajar sepanjang hayat yaitu guru, peserta didik dan orang tua saling belajar sepanjang hidupnya.
- Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila
- Terwujudnya kegiatan belajar mengajar yang nyaman untuk dapat memotivasi peserta didik kreatif, inisiatif dan inovatif baik dalam kegiatan intra, ko, maupun ekstrakurikuler
- Terwujudnya pembelajaran yang dapat menumbuh kembangkan kecakapan abad XXI demi terwujudnya generasi yang kolaboratif, kreatif dan inovatif, pemikir kritis, dan komunikatif.
- Terwujudknya efektivitas pembelajaran dan bimbingan sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki dan berprestasi, di bidang akademik dan non akademik
- Terwujudnya warga sekolah yang membudayakan kebersihan, kerapian dan cinta lingkungan
- Sekolah mampu mewujudkan budaya literasi dan pembelajar sepanjang hayat demi terwujudnya masyarakat sekolah yang literat.
- Terwujudnya lulusan yang memiliki karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
- Terwujudnya Rapor Pendidikan yang meningkat dari tahun sebelumnya.